Kamis, 01 Maret 2012

Pengembangan Kecerdasan Emosional untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Diklat

PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL 
UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIKLAT 
Oleh : Goto Kuswanto, S.IP, MM 
(Widyaiswara Madya Kantor Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Banyumas) 
Dipublikasikan di www.diklatbanyumas.net tanggal 01 Maret 2012 


ABSTRAK

Hasil belajar peserta didik yang tinggi merupakan tolak ukur untuk menilai keberhasilan penyelenggaraan pendidikan. Hasil belajar peserta didik tidak 100% ditentukan kecerdasan intelektual peserta didik (IQ) tetapi juga dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak kalah penting, yaitu kecerdasan emosional. Berbagai hasil kajian dan pengalaman menunjukkan bahwa dalam pembelajaran, aspek emosional lebih penting daripada aspek intelektual. Dan hal yang irasional lebih penting daripada hal yang bersifat rasional. Hasil berbagai penelitian menunjukkan bahwa hal-hal yang irasional dapat membuka pikiran dan membimbing mental yang memungkinkan tumbuhnya ide-ide baru. Oleh karena itu dalam mengupayakan peserta didik untuk meraih hasil belajar yang tinggi dalam segala bidang, setiap pendidik hendaknya juga meperhatikan peran kecerdasan emosional. Dengan memilik kecerdasan emosional yang baik, peserta didik akan menunjukkan sikap belajar yang baik pula, seperti disiplin dalam belajar, tertib dalam belajar di kelas, dan memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar.

Karya Tulis Ilmiah selengkapnya, dapat diunduh dalam format PDF.

Silakan KLIK DI SINI untuk MENGUNDUH 
Jika link di atas tidak berfungsi, silakan copy paste link di bawah ini ke dalam browser Anda :
www.diklatbanyumas.net/kti/goto/kecerdasan_emosional.pdf

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons