Jumat, 02 Maret 2012

Layanan Prima Bukti Keberhasilan Perpustakaan

LAYANAN PRIMA BUKTI KEBERHASILAN PERPUSTAKAAN 
Oleh : Nurhasyim 
(Widyaiswara Madya Kantor Diklat Kab. Banyumas) 
Dipublikasikan pada tanggal 02 Maret 2012 di www.diklatbanyumas.net 

Lembaga Perpustakaan merupakan lembaga non profit yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi penggunan serta sebagai sumber informasi. Perpustakaan yang memiliki keinginan untuk maju, berkembang dan unggul tentunya harus didukung dengan pelayanan secara maksimal. Kualitas layanan di Perpustakaan sangat penting, karena sifat yang menjual jasa dan bukan bisnis, seperti yang kita ketahui bahwa pelayanan di Perpustakaan dengan pelayanan di toko-toko buku berbeda. Mungkin memang dari visi lembaga berbeda. Perpustakaan lembaga non profit, tetapi toko buku adalah sifatnya yang profit.

Mutu  layanan sangat penting diperpustakaan dari segi sarana maupun prasarana yang diberikan, pengguna dibuat lebih mudah dan nyaman ketika berada di dalam perpustakaan apalagi ketika memanfaatkan pada layanan-layanan yang ada. Faktor kepuasan pengguna, faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna. Apakah sebagai pengguna perpustakaan sudah merasa puas dari semua bentuk layanan yang ada?

Indikator yang dapat menjadi pertimbangan dalam mempengaruhi kepuasan pengguna, antara lain adalah:

1. Kepuasan Pemakai
  1. Kemampuan perpustakaan dalam memenuhi kebutuhan pengguna
  2. Struktur lembaga organisasi, penempatan staff serta petugas ataupun pustakawan itu sendiri agar dapat memenuhi pelayanan pengguna secara maksimal sesuai bidangnya.
  3. Kualitas dari pustakawan dalam memenuhi pelayanan pengguna serta kinerjanya dalam bidang kepustakaan
  4. Kebutuhan-kebutuhan yang terpenuhi sehingga pengguna akan merasa puas, walaupun diakui tak ada satu perpustakaan di dunia ini yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna.
  5. Kepribadiaan dalam pelayanan, yang memang utama dalam pemberian layanan sehingga ini merupa-kan faktor utama. Misalnya dari senyum, sapa, dan salam.

2. Kebutuhan Pengguna yang Beragam
Perpustakaan memang berbeda dengan toko buku, karena perpustakaan menjual jasa tetapi toko-toko buku menjual barang, sehingga pelayanan toko buku sangat ramah, asik, dan nyaman. Tetapi staf perpustakaan ataupun pustakawan jangan sampai kalah dengan pelayanan yang disajikan oleh pelayan toko buku. Kebutuhan pengguna yang beragam sehingga petugas perpustakaan harus jeli melihat kebutuhan pengguna sehingga sasaran dari koleksi yang ada sesuai dengan kebutuhan pengguna. Maka dari itu kritik dan saran dari pengguna perpustakaan penting untuk bisa menilai kepuasan pengguna serta kebutuhan pengguna.

3. Sikap pelayanan yang baik
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pelayanan dapat berarti : membantu, meladeni/ mengurus yang diperlu-kan orang lain atau mengindahkan (memperhati¬kan, memperdulikan).Melayani pengguna dengan baik dan maksimal tidak hanya berbekal teori tetapi juga dalam pengalaman nyata, baik itu dari kajian bidangnya atau bahkan modal sikap kepribadian seseorang yang baik dalam setiap sikap dan tindakan dalam melayani pengguna.Modal yang harus dimiliki dalam melayani adalah:
  1. Mempunyai Kepribadian yang baik; Orang yang memiliki kemauan menolong orang lain, rendah hati, peka terhadap kebutuhan orang lain, ramah, sabar, komunikatif, terbuka, tekun dan teliti
  2. Mempunyai dasar iman yang baik; Dasar iman memang penting setiap tindakan dan ucapan kita. Sehingga iman yang baik tentunya mempunyai tingkat kepedulian sosial tinggi, pengertian, dedikasi, komitmen, dll.
  3. Mampu mendisiplinkan diri dan berpikir positif; Orang yang professional tentunya bisa menempatkan dirinya dari mulai kedisi-plinannya, jangan sampai kita menyuruh staf lain/orang lain untuk disiplin tatapi kita sendiri belum di-siplin. Maka dari itu mulai sekarang ta-namkanlah nilai kedi-. siplinan. Pikiran positif terhadap pengguna, sesama rekan kerja ataupun atasan perlu kita kembangkan, sehingga dengan ber-pikir positif dapat menjadi kunci keber-hasilan dalam melakukan komunikasi dan sosialisasi terhadap orang lain.
  4. Kompetensi Sosial; Pemikiran-pemi-kiran orang lain, perasaan, serta penderitaan orang lain. Empati sangat kita butuhkan ketika menghadapi pengguna yang sedang mempunyai masalah dan kebutuhan akan informasi
  5. Mempunyai keinginan, dan kesadarandalam mengutamakan kepentingan pribadi.

4. Pustakawan harus Kreatif
Dalam melayani pengguna, pustakawan bisa menilai pangsa pasar yang sedang berkembang. Selain itu juga diharapkan bisa proaktif mengumpulkan, mempelajari dan mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan pengguna.
Menurut Joanne Mar-shall dalam artikel Syamsu Alam H, 11 kompetensi yang harus dimilki yang berkecimpung dalam dunia informasi sebagai berkut:
  1. Memiliki pengetahuan keahlian tentang kandungan sumber daya informasi, termasuk kemampuan mengevaluasi secara kritis dan meyakinkannya
  2. Memiliki pengetahuan pokok khusus yang tepat bagi usaha organisasi atau klien
  3. Mengembangkan dan mengelola layanan in-formasi yang efektif ongkos, aksesible, dan mudah dipadukan dengan panduan organisasi
  4. Memberikan penutun dan dukungan bagi pengguna perpustakaan dan jasa informasi
  5. Menilai kebutuhan informasi dan merancang serta memasarkan nilai tambah dan produk informasi untuk memenuhi keper-luan yang diidentifikasikan.
  6. Menggunakan teknologi informasi tepat guna untuk membangun, mengorganisi serta menerangkan informasi
  7. Menggunakan pendekatan manajemen dan bisnis yang tepat untuk mengkomunikas-kan peranan jasa in-formasi kepada mana¬jemen senior
  8. Kembangkan produk informasi khusus un-tuk dipakai di dalam maupun luar organisasi atau pelanggan individu
  9. Mengevaluasi hasilpenggunaan informa¬si dan melaksanakan penelitian berkaitan dengan pemecahan manajemen informasi
  10. Menyempurnakan se-cara berkelanjutan ja¬sa informasi untuk menjawab tantangan yang berubah
  11. Menjadi anggota tim manajemen senior yang efektif dan kon-sultan organisasi da-lam isu informasi.

5. Kompetensi Pustakawan di Era Global
  1. Kreatif, proaktif, dan percaya diri tinggi
  2. Adanya kemauan untuk memperbaiki diri dan berubah
  3. Jujur dan bermoral
  4. Mudah bergaul dan siap bekerja sama dengan siapapun
  5. Berkepribadian dan penampilan menarik
  6. Tidak Gagap TI
  7. Menguasai bahasa asing
  8. Berpikir secara global, dll.

Melalui kompetensi diatas pelayanan oleh pustakawan pasti bisa lebih baik jika ditunjang dari aspek diatas. Sehingga pelayanan dapat lebih baik dan lebih maksimal.

Pelayanan Perpustakaan hendaknya dibarengi dengan kemampuan dari petugas perpustakaan/pustakawan itu sendiri. Aspek-aspek yang terkait dengan kepustakaan hendaknya dimiliki oleh setiap petugas. Sikap pelayanan yang baik memacu terhadap kepuasan pengguna, sehingga pengguna lebih nyaman dan intensitas kunjungan pasti lebih sering. Kepribadian petugas perpustakaan dalam melayani pengguna dan peka terhadap kebutuhan pengguna menjadi kunci dalam keberhasilan layanan perpustakaan. Bisa memilih prioritas layanan. Tingkat kedisiplinan, kreatifitas, proaktif dan bisa membaca kebutuhan pengguna serta pelayanan diri seperti salam, sapa dan senyum sangat dibutuhkan oleh setiap petugas perpustakaan.

Menyikapi perkembangan hendaknya pustakawan dituntut agar mempunyai kompetensi yang berhubungan dengan teknologi informasi, penguasaan bahasa internasional.

DAFTAR PUSTAKA
  • Darmono. 2007. Peningkatan Citra dan Pengembangan Profesionalisme Pustakawan: oleh Pustakawan dan Untuk Pustakawan. Buletin Media Pustakawan, vol 14 No. 3 dan 4 Desember 2007. Ja-karta: Pusat Pengem-bangan Pustakawan PNRT
  • Sudarminingsih, Sri Poernomowati. 2010. Meningkatkan Kualtas Layanan Perpustakaan. Media Pustaka Ed. 3 Juli September 2010. Semarang: Badan Arsip dan perpustakaan pemprov Jateng
  • Sulistyo-Basuki (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan, Jakarta ;Gramedia
  • Wulandari, Dian. 2010. Sikap Melayani. Buletin Media Pustakawan, vol 17 No. 1 dan 2 Juni 2010. Jakarta: Pusat Pengembangan Pustakawan PNRI.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons